Sunday, April 18, 2010

Universitas Surabaya Kampus Hijau: Apple-iPad, Gadget Inovasi Terbaru dari Apple Inc., Layak Dibeli?



oleh: Stephanus Eko Wahyudi

Apple Inc., merupakan salah satu perusahaan yang selalu berinovasi dengan berbagai jenis gadget dan software dan perangkat IT yang tidak hanya fungsional namun juga mendukung lifestyle. Hal ini membuat berbagai produk yang dikembangkannya selalu sukses di pasaran, bahkan selalu ditunggu jauh sebelum dipasarkan di toko, meskipun pada umumnya harga yang dipatok untuk produk-produknya tergolong premium.

Berbagai produknya telah menjadi trendsetter, dimulai dengan Macintosh yang telah menjadi perangkat kepercayaan untuk desain grafisnya, iPod – portable media player terlaris di dunia yang berhasil menumbangkan Sony Walkman sebagai raja portable media player sebelumnya, iPhone – telepon stylish yang bisa dibanggakan penggunanya dengan fitur touchscreen yang sangat intuitif dan user friendly. Selain itu Apple Inc. juga demikian terkenal dengan sistem operasi MacOS yang juga sangat user friendly, desain elegant, dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, serta tidak rentan terhadap virus seperti Microsoft Windows. Software Itunes juga tidak kalah menghebohkannya, yang mengubah paradigma penikmat music di dunia, dimana keeping CD sudah bukan cara terbaik untuk memiliki sebuah lagu dari penyanyi favoritnya.

Pada tanggal 27 Januari 2010 yang lalu, Apple Inc. mengumumkan produk terbarunya yang diberi nama iPad, sebuah komputer tablet yang diperkuat dengan OS yang digunakan pada iPhone. Secara umum perangkat ini merupakan pengembangan dari iPod Touch dan iPhone, meski fungsi telepon tidak disematkan pada gadget ini. Perangkat kembali menjadi salah satu gadget yang sudah dinantikan penikmat IT di seluruh dunia.Pada tanggal 3 April 2010 yang lalu, secara resmi perangkat ini resmi diluncurkan meski sayangnya baru terbatas pada kawasan United States. Pada hari pertama penjualannya ratusan orang rela antri berjam-jam, bahkan sampai menginap di depan toko untuk berlomba menjadi orang pertama yang memiliki gadget tersebut, seperti terlihat pada peluncuran produk-produk Apple Inc. sebelumnya, dan sebanyak sekitar 300.000 unit berpindah tangan ke pembelinya dalm kurun 1 hari.

Sebenarnya apa sih yang diunggulkan dari produk ini, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta apakah produk ini layak untuk dibeli?

Desain

Dari sisi desain, Apple tidak dapat diragukan lagi sebagai produsen perangkat gadget yang stylish, yang memiliki nilai jual lebih hanya dengan menilai dari sisi desain. Desain body yang dibalut dengan body elegant dan tipis, serta memiliki bobot yang ringan.

Tidak hanya cantik, namun iPad juga functional, khususnya dari sisi interaktivitas. Layar sebesar 9.7 inchi yang disediakan dapat dimanfaatkan untuk melihat dokumen maupun situs web dengan cukup lega. Selain itu fungsi multi touch yang dapat digunakan di layar menawarkan cara baru berinteraksi melalui layar touchsreen, dimana penggunanya bisa melakukan berbagai fungsi seperti ditemui pada iPhone maupun iPod Touch, antara lain: scroll, click, double click, zoom dan sebagainya dengan cara yang unik, antara lain dengan melakukan gerakan seperti mencubit.

Fitur

Web Browsing – iPad menyediakan Safari, salah satu web browser terbaik di dunia. Dikombinasikan dengan multi touch screen, interaktivitas yang ditawarkan tidak ditemui pada perangkat lain.

Mail - Aplikasi mengakses email seperti ditemui pada berbagai gadget Apple, tidak ketinggalan untuk disematkan di sini.

Photos – salah satu kekuatan utama dari iPad adalah gadget ini bisa dimanfaatkan sebagai frame digital yang bisa berganti foto melalui fitur slideshow.

Music & Videos – fitur yang merupakan selling point terkuat yang ditawarkan, kini Music dan Video bisa didengar dan dilihat di mana saja.

iBooks – Yang membedakan antara iPod Touch dan iPhone dengan iPad adalah fitur iBooks yang disediakan. Salah satu fungsi utama dari iPad memang adalah berupa ebook reader yang ditujukan untuk melawan product sejenis dari Amazon: Kindle.

Fitur lain – Maps, Notes, Calendar, dan ribuan aplikasi lain yang bisa didownload gratis maupun berbayar dari iTunes Store juga merupakan kelebihan dari iPad.

Wifi – semua tipe iPad ditunjang dengan Wifi, yang tentunya sangat bermanfaat untuk mendapatkan berbagai online content. Pada tipe tertentu, iPad juga dengan dilengkapi dengan fungsi 3G yang dapat digunakan untuk mengakses Internet dengan kecepatan tinggi.

Baterry – Baterai iPad diklaim bisa bertahan selama 9.5 jam pemakaian tanpa henti, lebih dari cukup untuk digunakan orang yang mobilitas tinggi.

Kelebihan

Berbagai kelebihan dari iPad telah tercakup pada berbagai fitur menarik yang telah disebutkan sebelumnya. Fungsi Multi-Touch screen yang intuitif; tampilan desain yang elegant, kecil dan ringan; koleksi foto, music dan video yang bisa diakses di manapun. Selain itu, harga yang dimulai dari US$499 juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kekurangan

Karena menggunakan sistem operasi khusus, maka aplikasi-aplikasi umum yang ditemui di MacOS tidak dapat diinstal di perangkat ini. Hanya aplikasi yang mendukung iPhoneOS yang bisa diinstal. Hal ini menyebabkan perangkat ini tidak dapat dibandingkan penggunaannya dengan Netbook misalnya, yang lebih bersifat universal aplikasinya, meskipun iTunes Store menyediakan ribuan aplikasi yang bisa dibeli maupun diperoleh gratis.

Pada minggu pertama setelah dirilis, banyak pengguna yang mempermasalahkan lemahnya penangkapan sinyal Wifi pada generasi pertama iPad yang dipasarkan ini. Apple sendiri telah mengakui bahwa hal itu merupakan permasalahan yang harus segera ditangani.

Body yang tipis dari iPad juga menyebabkan Apple tidak bisa menyematkan port USB standard, untuk dikoneksikan dengan USB Flash Disc misalnya, dibutuhkan penggunaan Dock Connector.

Kekurangan lain yang juga sering ditemui adalah temperatur iPad yang cenderung meningkat drastis pada cuaca panas, misalnya pada penggunaan outdoor. Apabila mencapai temperatur tertentu, iPad tidak bisa digunakan lebih lanjut, dan harus menunggu temperatur tersebut turun terlebih dahulu.

Selain kekurangan tersebut masih ada beberapa kekurangan minor, seperti masalah security/encrytion, keterbatasan iBook dalam menampilkan gambar, dan berbagai kekurangan lainnya yang tidak terlalu mengganggu.

Kesimpulan

Gadget ini sangat cocok untuk peminat gadget yang stylish dan punya mobilitas tinggi yang dapat mendukung lifetyle. Namun demikian, tentunya gadget ini tidak bisa dibandingkan dengan Netbook apalagi Notebook, karena aplikasinya yang relatif terbatas. Pada generasi pertama iPad ini juga ditemukan kelemahan yang cukup mengganggu, yaitu lemahnya penangkapan sinyal WiFi. Selain itu, saat ini perangkat ini baru dipasarkan di US, dan belum ada kepastian kapan akan dipasarkan di belahan dunia lainnya. Kabar terakhir yang pernah dimuat di salah satu situs berita ternama, pada beberapa negara perangkat ini dijual dengan harga US$950 di pasaran gelap (Black Market/BM).

Jadi kalau punya uang dan ingin tampil beda, iPad layak untuk dibeli, namun untuk yang lain, sebaiknya pertimbangkan berbagai alternatif netbook maupun notebook yang ada, sambil menunggu versi resminya yang mungkin sudah diperbaiki oleh Apple untuk menutupi kelemahan yang ada…

No comments:

Post a Comment

 
Increase Page Rank Pasang Iklan Gratis