Tuesday, April 20, 2010

Universitas Surabaya Kampus Hijau: FT Industri Siap Lahirkan Technopreneurship

Asean-China Free Trade Agreement atau biasa disebut ACFTA kian menunjukkan tajinya. Apalagi produk negara berjuluk Tirau Bambu ini makin merajalela membanjiri pasar industri Indonesia. Untuk itu industri di Indonesia mau tidak mau harus terus berinovatif dan berkreatifitas untuk meningkatkan daya saing industri-industri domestik terhadap industri-industri China. Hal tersebut disampaikan oleh Eric Wibisono, S.T., M.Eng, selaku kajur FT Industri Ubaya.

Eric berpendapat, untuk menyaingi produk China yang terkenal murah ini tidak semudah membalikkan tangan. “Semua butuh proses dan tak bisa instan dalam hal ini,” ujarnya. Disamping itu, ia menambahkan perlunya menumbuhkan jiwa enterpreneurship di masyarakat Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan daya saing bangsa akan era globalisasi ini.

Fakultas Teknik, jurusan teknik industri, menurut Eric sudah menanamkan jiwa enterpreneurship dengan berbalut technopreneurship. “Hal tersebut kami tanamkan untuk menjawab kebutuhan pasar industri dewasa ini. Tak hanya kemampuan akademis tapi jiwa wirausaha terus kami pupuk sejak awal,” jawabnya. Kembali lagi, semuanya tidaklah instan. Ia menuturkan, enterpreunership adalah talenta alami yang dimiliki seseorang.

Hujan produk China ternyata mampu mengalihkan minat masyarakat Indonesia yang terkenal konsumtif ini. Alhasil, industri dalam negeri 'meringis kesakitan'. Eric menjawab, butuh daya kreatifitas dan inovatif. “Didalam kelas saja tidaklah cukup untuk mendapatkan ilmu enterpreneurship. Mahasiswa harus belajar di luar kampus,” terang penghobi bulutangkis ini. Jadi, bisa dikatakan tak hanya peran perguruan tinggi, namun perusahaan ataupun contoh nyata dalam melahirkan jiwa enterpreneurship juga penting.

Kenyataan lahirnya ACFTA tidak bisa dihindari. Menurut Eric, kalangan industri juga harus memutar otak untuk bertahan dengan kondisi ini. “Sulit namun inilah kenyataannya. Harus tingkatkan kreatifitas dan inovasi dalam berkarya,” pungkasnya. (cuy/wu)

1 comment:

  1. blognya bagus..
    tentang kampus kamu yah? haha
    ditambahn widget2 samping biar makin oke tampilannya..
    aku sudah follow, jika berkenan bisa difollow balik blog aku..
    thx..

    ReplyDelete

 
Increase Page Rank Pasang Iklan Gratis